paytren

Selasa, 17 Maret 2015

Mata Roda



Cara membuat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Mata Roda

Bahan :
500 gr singkong setengah tua
2 sdm tepung sagu
100 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli bubuk
1 sdt garam halus
6 bh pisang raja
Pewarna merah atau hijau sesuai selera

Taburan :
100 gr kelapa parut
1/2 sdt garam halus

Cara membuat :
~   Kupas singkong, cuci hingga bersih, lalu parut hingga halus. Peras sedikit singkong agar tidak terlalu basah, sisihkan bagian airnya, ambil bagian dagingnya. campur singkong parut dengan tepung kanji/sagu, gula pasir, garam dan vanilli, aduk hingga rata.
~   Bagi adonan singkong menjadi 2 bagian, tambahkan pewarna makanan pada satu bagian adonan, lalu aduk hingga pewarna tercampur rata. Biarkan adonan lain tetap berwarna putih tanpa pewarna. Ambil daun pisang, ratakan adonan merah di atasnya, tambahkan adonan yang tanpa pewarna , ratakan hingga adonan melebar di atas daun pisang.
~   Kupas pisang raja, letakkan di bagian ujung adonan singkong yang lebar, lalu gulung seperti lontong. lakukan hal yang sama hingga semua adonan tergulung. Siapkan panci pengukus, beri air secukupnya, lalu panaskan hingga airnya mendidih.
~   Susun gulungan adonan dalam pengukus, lalu masak hingga matang selama 30 menit. Angkat, biarkan dingin. Setelah dingin potong-potong kue bentuk bulat. Siapkan piring saji, atur kue di atasnya, lalu hidangkan dengan taburan kelapa parut dan garam diatasnya. Atau lumuri semua bagian kue yang telah dipotong dalam parutan kelapa.

Tips :
~   Kelapa parut untuk taburan sebaiknya pilih yang masih muda dan kulit arinya dikupas. Setelah dicampur garam, kukus sebentar agar kelapa tidak mudah basi.
~   Jika sulit membungkus dengan daun pisang, gunakan alumunium foil. Dan sebaiknya, pilih singkong yang tidak terlalu tua agar tidak banyak mengandung serat.

untuk 20 porsi
sumber : MENU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar