paytren

Selasa, 17 Maret 2015

Cream Caramel



Cara membuat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cream Caramel

Bahan :
350 ml susu segar
350 gr gula pasir
4 btr telur ayam utuh
8 btr kuning telur
1000 ml krim UHT

Karamel :
500 gr gula pasir
100 ml air

Cara membuat :
~   Karamel : siapkan wajan datar, masukkan gula pasir dan air, panaskan. Masak hingga campuran gula dan air mendidih, diamkan hingga berwarna cokelat keemasan dan kental. Siapkan wadah keramik tahan panas. Tuangkan larutan gula karamel ke dalamnya, biarkan mengeras. Sisihkan.
~   Masukkan susu segar ke dalam panci. tambahkan gula pasir, aduk secukupnya, lalu panaskan. Masak hingga campuran susu dan gula pasir mendidih, angkat, biarkan dingin dalam suhu ruang. Sisihkan. Sementara itu, siapkan mangkuk bersih yang agak besar, masukkan telur utuh, kuning telur dan krim ke dalamnya, lalu kocok dengan mixer dengan kekuatan sedang sampai bahan tercampur rata.
~   Ambil campuran susu yang sudah didinginkan, tuang sedikit demi sedikit ke dalam larutan kocokan telur sambil diaduk dengan pengocok kawat/whisk. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan lembut.
~   Ambil wadah tahan panas yang telah diisi karamel. Tuang adonan telur dan susu ke dalamnya. Isi sebanyak 3/4 tinggi wadah. Ratakan. Atur wadah dalam loyang yang besar. Isi sedikit air pada loyang, lalu panggang dalam oven dengan suhu 120 derajat celcius selama 35 menit. Aatau hingga bagian atasnya sudah mulai mengeras. Keluarkan, sajikan hangat atau dingin.

Tips :
~   Cream Caramel bisa diolah dengan cara berbeda, seperti dikukus. siapkan pengukus dengan panas maksimal, tutup bagian penutup kukusan dengan kain yang diikat agar cairan tidak menetes mengenai adonan. Masak selama 45 menit hingga matang.
~   Krim bisa diganti dengan susu cair biasa, baik yang rendah lemak atau yang full cream. Gunakan sesuai kebutuhan anda.

untuk 10 porsi
sumber : MENU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar