paytren

Selasa, 17 Maret 2015

Sate Daging Bumbu Serundeng



Cara membuat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sate Daging Bumbu Serundeng

Bahan :
300 gr daging sapi has dalam
tusuk sate secukupnya

Bumbu :
1 sdm gula merah
1 sdt ketumbar
1 sdt garam
3 siung bawang putih

Serundeng :
200 gr kelapa muda
6 btr bawang merah
3 siung bawang putih/
2 bh cabai merah
1 sdm gula merah
1 sdt garam
1 sdm air asam

Cara membuat :
~   Bumbu : haluskan gula merah, ketumbar, garam dan bawang merah. Sisihkan potong-potong daging has bentuk dadu atau kotak yang agak besar, lalu campurkan potongan daging dengan bumbu halus. Biarkan terendam selama 30 menit.
~   Ambil tusuk sate, lalu tusuk potongan daging ke dalamnya. Satu tusukan bisa terisi 3 atau 4 potongan daging. Siapkan pemanggang sate. Bakar sate daging hingga matang. Lakukan hal yang sama hingga seluruh daging matang sambil membuat bumbu serundeng.
~   Siapkan bahan serundeng. Iris halus bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Campurkan dengan kelapa muda yang telah diparut kasar. Tambahkan gula merah, garam, dan air asam. Aduk hingga rata.
~   Pindahkan campuran bahan serundeng ke dalam wajan lalu sangrai dengan api kecil sambil terus diaduk agar matangnya merata dan tidak gosong. Teruskan memasak hingga serundeng benar-benar matang dan kering. Angkat. Susun sate yang telah matang di atas piring saji, taburi bagian atas sate dengan serundeng kelapa. Sajikan segera.

Tips : Jenis daging yang dipakai tidak selalu bagian has dalam. Anda bisa menggantinya dengan bagian daging yang lain sesuai selera. jangan lupa untuk membungkusnya terlebih dahulu dengan daun pepaya agar cepat empuk.

untuk 10 porsi
sumber : MENU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar